Senin, 30 April 2018 - 11:54:52 WIB
SIMPOSIUM PENYELENGGARAAN PENYULUHAN PERTANIAN DI KABUPATEN TASIKMALAYA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 1547 kali

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Penyuluh Pertanian, DPD PERHIPTANI Kabupaten Tasikmalaya menggelar acara Simposium tentang Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian yang dilaksanakan pada tanggal 23 April 2018 di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan dihadiri lebih dari 500 peserta yang terdiri dari unsur Penyuluh Pertanian (PNS, CPNS, THL-TBPP dan THL TBPPD), POPT, PPS, KTNA, Posluhdes,pelaku usaha dan undangan dari dinas instasi di lingkungan pemerintaha Kabupaten Tasikmalaya.  Secara bersamaan dilaksanakan juga  Gelar Teknologi dan Produk yang diikuti oleh DPC PERHIPTANI se Kabupaten Tasikmalaya, Kelompoktani Dewasa, KWT, Pemuda Tani, Produsen bibit tanaman, produsen pupuk.

Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yaitu “ Melalui Hari Jadi Penyuluh Pertanian kita tingkatkan sinergisitas penyelenggaraan penyuluhan dalam mendukung pengembangan agribisnis berbasis perdesaan guna meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Tasikmalaya”. 

Dalam laporan panitia penyelengara, ketua Panitia penyelenggara menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan simposium dan Gelar teknologi dan produk yang dilaksanakan secara bersamaan ini antara lain ;  1) Menghasilkan kesamaan persepsi dan pemahaman terhadap profesi penyuluh dan penyelenggaraan penyuluhan oleh semua pihak yang berkepentingan. 2) Menghasilkan rumusan yang dijadikan sebagai rekomendasi bagi para phak berkepentingan khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya dalam menetukan kebijakan penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Tasikmalaya. Dan 3) Meningkatkan rasa pecaya diri dan motivasi dalam menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Pertanian sebagai sebuah “Profesi”.

            Secara terpisah, Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan bahwa kegiatan ini dirancang untuk menghasilkan rekomendasi bagi pemerintah daerah sebagai bahan dalam menentukan kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaraan penyuluhan pertanian di Kabupaten Tasikmalaya, selain itu Ketua DPD bermaksud membangun opini publik bahwa penyuluh pertanian itu ADA dan BERKARYA. 

            Selain memberikan ucapan selamat, apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini serta rasa bangga dan gembiranya dengan melihat berbagai tampilan produk dan teknologi yang digelar dalam pameran, Sekretaris daerah yang mewakili Wakil Bupati Tasikmalaya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyuluh harus mampu memberikan manfaat bagi masyarakat yaitu  mampu meningkatkan kesejahteraan petani secara nyata dan itu dapat terwujud bila penyuluh mampu memfasilitasi petani mulai dari kegiatan budidaya sampai pascapanen. “Penyuluh akan lebih baik bila mampu menjadi pelaku usaha dalam menampung/memasarkan berbagai produk yang dihasilkan oleh para petani dan itu sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan penyuluh” ujar beliau.      Sebelumnya, pada saat meninjau stand pameran, Sekretaris daerah berpesan agar aagar para penyuluh dan petani mampu menggali dan memafa’atkan beragai potensi yang ada sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

            Ketua Umum DPP PERHIPTANI yang diwakili oleh Ketua III, dalam sambutannya menyoroti tema yang mengandung 3 aspek utama dalam penyelenggaraan penyuluhan yaitu  sinergisitas, agribisnis dan kesejahteraan, selanjutnya beliau menegaskan tentang besarnya  peran dan fungsi penyuluh dalam pembangunan daerah melalui pemberdayaan para pelaku utama dan pelaku usaha.

            Pelaksanaan simposium dengan moderator Ketua DPD PERHIPTANI Kabupaten Tasikmalaya, menampilkan 4 pembicara yang terdiri dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Akademisi dari Faperta Universitas Galuh Ciamis dan Ketua DPW PERHIPANI Jawa barat selaku praktisi, menghasilkan beberapa rekomendasi untuk Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yaitu :

  1. Perlunya perbaikan struktur organisasi di Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya yang saat ini Penyuluhan berada dibawah seksi pada bidang Penyuluhan Prasara dan Sarana Pertanian (PPSP), untuk diperbaiki menjadi  dibawah bidang penyuluhan secara khusus.
  2. Perlunya peningkatan tunjangan daerah atau Tambahan penghasilan pengawai bagi para penyuluh pertanian sebagaimana di kabupaten/kota lain.
  3. Perlu segera dikeluarkan produk hukum berupa peraturan Bupati untuk legalitas Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai kelembagaan penyuluhan di tingkat kecamatan yang bersifat nonstruktural dipimpin oleh seorang Koordinator.
  4. Pemerintah daerah perlu memfasilitasi dan mendorong pemerintah provinsi dan atau pemerintah pusat untuk meningkatkan status THL TBPP maupun TBPPD menjadi PNS atau P3K.
  5. Pemerintah daerah harus memberikan dukungan pembiayaan yang memadai baik untuk peningkatan profesionalisme dan kompetensi para penyuluh pertanian maupun untuk penyelenggaran kegiatan termasuk penyusunan programa, pelaksanaan penyuluhan maupun evaluasi penyuluhan.
  6. Untuk  menyikapi kekurangan tenaga penyuluh pertanian saat ini, pemerintah daerah harus mengoptimalkan peran dan fungsi Penyuluh Pertanian swadaya dan Posludeh melalui fasilistasi anggaran dan regulasi berupa peraturan bupati.
  7. Untuk mendukung sinergisitas penyelenggaraan penyuluhan pertanian ditingkat kabupaten, perlu dibentuk Komisi Penyuluhan Pertanian Daerah yang melibatkan unsur pemerintahan, akademisi dan organisasi profesi dan praktisi.
  8. Untuk menertibkan keberadaan kelompoktani dan terjaminnya pelaksanaan program tepat sasaran, pemerintah daerah perlu mengeluarkan peraturan/produk hukum tentang keberadaan kelompoktani sesuai dengan database pada sistim informasi dan manjemen penyuluhan pertanian (SIMLIHTAN) di Dinas Pertanian.

 Untuk menampilkan kemamampuan para PPS  pengelola Posluhdes di Kabupaten Tasikmalaya, kegiatan simposium ini ditelekomprenkan melalui  Jaringan Komunikasi Posluhdes se Jawa Barat.

 

                                                                                                                                              Odik S. Sukmana

                                                                                                                                 Ketua DPD PERHIPTANI Kab. Tasikmalaya




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)