Rabu, 04 April 2018 - 12:18:48 WIB
Outbound PERHIPTANI Perkokoh Persaudaraan Penyuluh Jombang
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 1587 kali

 

 Efektifitas pembangunan pertanian memerlukan sinergi semua pihak terkait, baik petani, lembaga pemerintah, swasta serta pihak lain.  Para pihak tersebut harus saling mendukung dalam kegiatan usaha tani baik melalui penyediaan sarana prasarana pertanian, budidaya serta pengolahan hasil dan pemasaran produk pertanian.  Seluruh komponen subsistem agribisnis harus berjalan dengan baik dan lancar.  Hal ini tentunya tidak bisa lepas dari peran Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian dalam melaksanakan usaha tani uang efektif dan efisien yang tentunya hanya bisa dilakukan melalui pendekatan penerapan teknologi tepat guna.

Penyuluh pertanian memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan kapasitas SDM pertanian.  Perubahan perilaku petani yang menjadi sasaran penyuluhan adalah hal yang paling mendasar dalam peningkatan kualitasnya.  Melalui perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani, diharapkan tingkat adopsi teknologi tepat guna bisa ditingkatkan sehingga peningkatan produksi dan produktivitas pertanian bisa dioptimalkan. 

Untuk itu dari segi kualitas, diperlukan penyuluh pertanian yang handal dalam melaksanakan tugasnya.  Penyuluh harus cerdas dalam menghadapi permasalahan yang ada di lapang.  Kecerdasan yang dimaksud disini adalah cerdas secara intelektual, emosional serta spiritual.  Penyuluh selain dituntut menguasai pengetahuan teknis yang tinggi dalam memecahkan masalah lapang, juga diharapkan memiliki kepedulian yang besar untuk bekerjasama kepada semua pihak terkait dalam mengawal usaha tani.  Hal terpenting lain adalah penyuluh harus memiliki kesadaran bahwa setiap daya dan upaya yang telah dilakukan tidak lepas dari kehendak Tuhan YME dan hanya kepadaNYA kita berserah diri.  Hal ini akan sangat berpengaruh pada kinerja penyuluh dan membawa para pelaku pembangunan pertanian untuk bekerja cerdas, bekerja keras dan bekerja ikhlas. 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional para penyuluh adalah melalui kegiatan lapang outbound.   Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

Seperti yang dilakukan oleh Perhiptani DPD Kab. Jombang Jatim yang terus berupaya mendongkrak profesionalisme penyuluh melalui kegiatan Outbound.  Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah selain mengetahui dan memahami adanya “individual differences” yaitu tiap individu adalah unik, ternyata juga mampu melakukan penilaian pada diri sendiri “Self Assessment” bahwa kekuatan diri ada pada tangan kita sendiri dan pada pilihan- pilihan kita.  Selain itu, kegiatan semacam ini ternyata juga mampu meningkatkan kepekaan “Self Awareness” terhadap orang lain sekaligus meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian mengambil risiko “Risk Taking Behavior”.  Masih banyak lagi manfaat outbond yang bisa diperoleh antara lain meningkatkan ketrampilan komunikasi, membuat perencanaan dengan pertimbangan risiko dan konsekuensinya hingga mengasah kemampuan peserta dalam membentuk tim yang efektif/ kekompakan serta meningkatkan kemampuan kepemimpinan, sikap ksatria dan sportif.

Salah satu bentuk program dalam outbound adalah team building goal yang menunjukakan bahwa kerjasama adalah suatu hal yang mutlak diperlukan dalam pencapaian tujuan. Berbagai permasalahan akan dihadapi oleh peserta dimana mereka tidak mungkin menghadapinya sendiri. Saling tergantung, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini.

Lain halnya dengan Leadership Goal Program dimana pelatihan ini mengasah jiwa kepemimpinan yang terdapat pada diri peserta.  Permasalahan-permasalahan yang ada perlu dihadapi oleh peserta dengan pengambilan keputusan yang berkualitas. Kepercayaan diri, kemampuan untuk memimpin kelompok, kemandirian dan kemampuan untuk mengayomi dari para peserta akan digali dan dipelajari sebagai suatu bekal dalam kepemimpinan mereka di kehidupan sehari – hari.

Selanjutnya Outbound Training & Tamasya yang dalam Pelatihan ini akan banyak mempergunakan alam bebas (out door) sebagai medianya. Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau games yang akan diadakan di alam terbuka. Program ini akandilakukan dengan komposisi 70% di alam terbuka dan 30% diskusi kelompok (group discussion) sebagai penunjang dari setiap kegiatan.  Ada juga Fun Game yang merupakan permainan yang menekankan unsur-unsur koordinasi, konsentrasi dan kebersamaan (Wikipedia)

 

Outbound yang diselenggarakan oleh Perhiptani DPD Kab. Jombang kali ini diselenggarakan di tempat Wisata Selorejo yaitu nama suatu waduk atau bendungan yang terletak di Kecamatan Ngantang, yang mana lokasinya adalah bagian barat dari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hal yang menarik untuk mengunjungi tempat ini ialah tempatnya yang cocok untuk lokasi gathering, outing perusahaan, rapat, outbond ataupun aktivitas outdoor lainnya. Rute Bendungan Selorejo mudah untuk dicapai, pengunjung bisa mengaksesnya menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Tepatnya, Alamat Waduk Selorejo ini terletak di sebuah Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Wisata Waduk Selorejo ini berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga akan terasa sejuk udara disekitarnya. Pemandangan waduk selorejo juga indah dikarenakan dikelilingi oleh gunung-gunung diantaranya gunung Kelud, Gunung Anjasmoro serta Gunung Kawi. Berdiri di pinggiran waduk dengan menikmati panorama waduk serta latar pegunungan yang diselimuti awan adalah kesenangan tersendiri bagi pengunjung obyek wisata Selorejo. Sambil melihat nelayan sekitar menjaring ikan di bendungan.

Suasana seperti itu sangat diperlukan bagi pegawai atau pekerja profesional lain untuk sekedar melepaskan penat urusan kantor.  Begitu pula dengan para penyuluh kita yang terus dituntut dalam pekerjaan kedinasan.  Dari rangkaian kegiatan outbound tersebut berbagai komentar dari penyuluh pasca kegiatan ternyata sangat positif.  Hampir semua kegiatan diikuti dengan baik dan mereka merasa terlahir kambali hingga mereka bangga menjadi penyuluh, siap bahu membahu melaksanakan tugas yang diembankan demi membawa manfaat lebih luas untuk kesejahteraan petani.

                                                                                                                                            DPD Kab. Jombang

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)