Senin, 02 April 2018 - 12:36:24 WIB
KUNJUNGAN DPD PERHIPTANI KAB. TASIKMALAYA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 1670 kali

 

  1. PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang

1)      Dinamika perkembangan teknologi dibidang pertanian termasuk dalam teknologi sarana produksi yang terus meningkat perlu diikuti dan disikapi dengan bijak oleh para penyuluh pertanian

2)      PERHIPTANI sebagai organisasi profesi memiliki kewajiban untuk meningkatkan profesionalisme para anggotanya melalui peningkatan kompetensi dan pengetahuan dalam berbagai aspek yang ada kaitannya dengan pemberdayaan para pelaku utama dan pelaku usaha.

3)      Sunergisitas dan kebersamaan antar penyuluh, penyuluh dengan pemegang kebijakan, penyuluh dengan peneliti (penghasil teknologi), serta penyuluh dengan pelaku utama dan pelaku usaha , merupakan  salahsatu faktor strategis dalam menunjang keberhasilan program pembangunan pertanian.

2. Tujuan

Tujuan dari kegiatan kunjungan ke PT. Petrokimia Gresik antara lain :

1)      meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi dibidang pupuk dan pestisida serta perbenihan yang meliputi produksi, distribusi dan teknik aplikasi  khususnya yang diproduksi oleh PT. Petrokimia Gresik.

2)      Meningkatkan kerjasama dan sinergisitas antara penyuluh dengan pelaku usaha khususnya dengan penyedia sarana produksi pertanian.

3)      Meningkatkan keakraban  dan kebersamaan baik antar penyuluh maupun dengan pihak lain  dalam rangka mendukung program pembangunan pertanian

 

 II. PELAKSANAAN KUNJUNGAN

  • Waktu  dan Lokasi

Kegiatan Kunjungan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 24 dan 25 Januari 2018, bertempat di Kawasan Pabrik PT. Petrokimia Gresik, dan objek wisata religi  di sekitar Gresik, Surabaya dan Madura.

  • Peserta

Peserta kunjungan sebanyak 50 orang, terdiri dari Kepala Dinas Pertanian, Kabid Penyuluhan, Prasaranan dan Sarana Pertanian, Kepala Seksi Penyuluhan Pertanian, serta para penyuluh pertanian sebagai pengurus dan anggota PERHIPTANI DPD Kabupaten Tasikmalaya.

  • Jenis Kegiatan

1)      Kegiatan utama berupa diskusi, peninjauan kawasan pabrik PT. Petrokimia, dan peninjauan ke lokasi Kebun Percobaan PT. Petrokimia Gresik.

2)      Kegiatan wisata berupa wisata religi, wisata budaya dan objek wisata lainnya di sekitar Gresik, Surabaya dan Madura.

  • Biaya

Biaya bersumber dari swadaya dan bantuan yang sifatnya tidak mengikat.

 

 III. HASIL KEGIATAN

Hasil kegiatan kunjungan yang dapat dirasakan secara langsung oleh para peserta keunjungan antara lain :

  1. Peserta mendapatkan informasi yang rinci dari PT. PETROKIMIA GRESIK tentang jenis –jenis produk berupa pupuk, pestisida, dan benih yang diproduksi oleh PT. Petrokimia Greik, serta informasi lain termasuk sistim distribusi dan penggunaan dari produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Ptrokimia Gresik tersebut.
  2. Terjadinya komunikasi dan keakraban yang lebih baik antara para peserta dengan peserta maupun antara peserta dengan  pihak PT. Petrokimia Gresik.
  3. Adanya kesepakatan yang tidak tertulis untuk saling bersinergi dan meningkatkan kerjasama yang lebih baik dalam  mendukung terwujudnya program pemerintah khususnya dalam meningkatkan produktiovitas pangan utama.
  4. Adanya tambahan pengetahuan mengenai potensi –potensi daerah yang menjadi objek kunjungan.

 

 

 

 

 

ODIK S. SUKMANA, MP.

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)